cover
Contact Name
Hariadi Ahmad
Contact Email
hariadiahmad78@ikipmataram.ac.id
Phone
+6281917416409
Journal Mail Official
bk_fip@ikipmataram.ac.id
Editorial Address
Jalan Pemuda No 59 A Kota Mataram Nusa Tenggara Barat Kampus Universitas Pendidikan Mandalika, Gedung GD Lantai III Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi
Location
Kota mataram,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
Realita : Jurnal Bimbingan dan Konseling
ISSN : 25031708     EISSN : 27227340     DOI : -
Core Subject : Education, Social,
Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling (JRbk) Adalah Jurnal yang dikelola langsung oleh Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi Universitas Pendidikan Mandalika Sejak April 2016 dengan ISSN 2503-1708, yang dipublikasi secara Cetak dan melalui Website Fakultas Ilmu Pendidikan Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Mataram fip.ikipmataram.ac.id, Sejak tahun 2019 diterbitkan secara cetak dan Online melalui ojs.ikipmataram.ac.id. Pada bulan Juni 2020 mendapat E ISSN: 2722-7340, JRbk diterbitkan Dua Kali dalam Setahun yaitu pada bulan April dan Oktober Setiap tahun. JRbk Menerima Artikel dari penulis yang berupa Hasil Penelitian, Hasil Pengembangan, Kajian Pustaka dalam Bidang Pendidikan, Psikologi, dan Bidang Bimbingan dan Konseling.
Articles 14 Documents
Search results for , issue "Vol 3, No 1 (2018): Volume 3 Nomor 1 Edisi April 2018" : 14 Documents clear
PERAN DONGENG DALAM REVOLUSI MENTAL SUAIBUN SUAIBUN
Realita : Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol 3, No 1 (2018): Volume 3 Nomor 1 Edisi April 2018
Publisher : Universitas Pendidikan Mandalika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33394/realita.v3i1.2114

Abstract

Dongeng merupakan suatu cerita hasil seni rakyat yang berbentuk karya sastra tentang asal mula suatu tempat, peristiwa-peristiwa aneh pada kehidupan yang bersifat rekayasa atau fakta yang sederhana pada kejadian zaman dahulu bisa berbentuk legenda, fabel dan hikayat. Dongeng dapat juga dijadikan media untuk menanamkan pemahaman agama, sosial budaya, cinta dan kasih sayang, perlindungan (rasa nyaman), nilai-nilai pendidikan moral serta kepedulian terhadap sesama maupun kepedulian terhadap lingkungan sekitar. Perilaku bisa dirubah dan karakter bisa dibangun. Oleh sebab itu revolusi mental merupakan suatu keharusan agar bangsa kita bisa berdiri sejajar dengan bangsa-bangsa lain di dunia. Revolusi mental dapat dimulai dari diri kita masing-masing, lingkungan keluarga, sekolah, lingkungan tempat tinggal sampai meluas menjadi lingkungan bangsa dan negara.
PEMBELAJARAN BERBASIS ETNOMATEMATIKA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA SEKOLAH DASAR Lalu Jaswandi; M. Zainal Mustamiin
Realita : Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol 3, No 1 (2018): Volume 3 Nomor 1 Edisi April 2018
Publisher : Universitas Pendidikan Mandalika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33394/realita.v3i1.2103

Abstract

Prestasi yang dicapai siswa setelah mengikuti kegiatan pembelajaran matematika pada umumnya dijadikan sebagai salah satu tolak ukur keberhasilan matematika itu sendiri. Sampai saat ini kondisi pengajaran matematika memang belum seperti yang diharapkan, kritik dan sorotan masih dikemukakan, antara lain adanya kemerosotan mutu lulusan yang ditandai dengan rendahnya prestasi belajar siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui keefektian pembelajaran berbasis etnomatematika dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah di sekolah dasar. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas V SDN 2 Batu Jangkih Kecamatan Praya Barat Daya. Penelitian ini merupakan penelitian populasi, maka keseluruhan siswa dijadikan sebagai sumber data sekaligus sampel penelitian. Metode pengumpulan data menggunakan metode tes. Teknik analisis data menggunakan uji ketuntasan rata-rata dan uji Normalitas Gain, data yang digunakan adalah data pretes dan posttes. Hasil analisis data diperoleh thitung = 9,688. Nilai ttabel dengan df = (24-1) = 23 dan taraf kesalahan 5% yaitu ttabel = 1.713. Karena thitung = 9,688 > ttabel = 1,713, maka H0 ditolak, hal ini berarti bahwa rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik yang diajar menggunakan pembelajaran berbasis etnomatematika melampaui kriteria yang ditetapkan. Hasil analisis uji peningkatankelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata yaitu 0,44, artinya peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik diajar menggunakan pembelajaran berbasis etnomatematika berada pada kategori sedang dan hasil analisis uji peningkatan kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata yaitu 0,24 (rata-rata pre tes = 47,76 dan rata-rata post tes = 60,57), artinya peningkatan kemampuan pemecahan masala matematika peserta didik yang diajarkan dengan model konvensional berada pada kategori sedang.
PENGARUH PENGGUNAAN WAKTU MENGAKSES INTERNET DAN HANDPHONE TERHADAP DISIPLIN BELAJAR SISWA DI LOMBOK Aliahardi Winata
Realita : Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol 3, No 1 (2018): Volume 3 Nomor 1 Edisi April 2018
Publisher : Universitas Pendidikan Mandalika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33394/realita.v3i1.2110

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengungkapkan pengaruh penggunaan waktu mengakses Internet, dan handphone terhadap disiplin belajar siswa di Desa Kopang, Lombok Tengah. Sumbangan efektif (SE) penggunaan waktu mengakses Internet sebesar 13,8%, dan mengakses handphone sebesar 0,1% terhadap disiplin belajar siswa. Besarnya sumbangan efektif penggunaan waktu mengakses Internet dan handphone terhadap disiplin belajar siswa adalah 15,01%%, sedangkan sisanya 84,99% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini.
PENERAPAN PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TIPE PEMODELAN DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA UNTUK SEKOLAH DASAR M. Zainal Mustamiin; M. Samsul Hadi
Realita : Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol 3, No 1 (2018): Volume 3 Nomor 1 Edisi April 2018
Publisher : Universitas Pendidikan Mandalika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33394/realita.v3i1.2115

Abstract

Pembelajaran yang baik dan berkualitas adalah pembelajaran yang mampu membuat siswa berinteraksi dan bekerjasama disaat proses pembelajaran berlangsung. Salah satu teknik pembelajaran yang digunakan adalah Penerapan Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Tipe Pemodelan.  Tujuan penelitian ini adalah untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Untuk Sekolah Dasar Tahun Pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 (dua) siklus. Teknik pengumpulan data adalah teknik observasi dan evaluasi tes hasil belajar. Teknik analisis daata dengan teknik analisis skor rata-rata tes siswa dan teknik analisis hasil belajar dengan ketuntasan hasil belajar. Hasil penelitian yang peroleh pada siklus I yakni skor rata-rata tes siswa adalah 73,33% dengan jumlah siswa yang tuntas 11 orang sedangkan yang tidak tuntas 5 orang. Pada siklus II skor rata-rata tes 84,38% dengan jumlah siswa yang tuntas 16 siswa dari jumlah siswa keseluruhannya dan pada siklus ini tidak ada siswa yang tidak tuntas.
PENGARUH DUKUNGAN ORANG TUA TERHADAP KEMANDIRIAN ANAK USIA DINI DI PAUD PERMATA BANGSA Eneng Garnika; Ni Ketut Alit Suarti
Realita : Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol 3, No 1 (2018): Volume 3 Nomor 1 Edisi April 2018
Publisher : Universitas Pendidikan Mandalika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33394/realita.v3i1.2105

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh Dukungan Orang Tua terhadap Kemandirian Anak Usia Dini. Penelitian ini didasari pada permasalahan kemandirian anak yang beragam di kelompok usia yang sama. Populasi penelitian ini berjumlah 50 anak dengan sampel sebanyak 20 anak didik yang diambil dengan purposive sampling. Metode  pengumpulan data dalam penelitian ini, adalah kuesioner. Berdasarkan jenis data dan hipotesis, maka peneitian ini menggunakan statistik nonparametris, dimana data yang akan dianalisis berbentuk ordinal. Metode analisis non parametris dalam penelitian ini adalah metode korelasi spearman rank. Uji korelasi spearman rank adalah uji statistik yang ditujukan untuk mengetahui hubungan/pengaruh antara dua atau lebih lebih variabel berskala ordinal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai Rho hitung dukungan orang tua sebesar (0, 941) lebih besar dari rho tabel (0,450) artinya hipotesis alternatif (ha) diterima dan hipotesis nihil (ho) ditolak dengan sumbangan pengaruh sebesar 88,5 % san sisanya 11,5 % dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diamati dalam penelitian ini.
MENUMBUHKAN EMPATI SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN NILAI-NILAI MORALITAS SISWA MELALUI PELAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING I Made Sonny Gunawan; Nurul Huda
Realita : Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol 3, No 1 (2018): Volume 3 Nomor 1 Edisi April 2018
Publisher : Universitas Pendidikan Mandalika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33394/realita.v3i1.2111

Abstract

Empati menunjukkan pemahaman seseorang agar dapat merasakan dan mengalami pengalaman emosional yang dirasakan orang lain dengan memunculkan suatu tindakan positif dalam rangka untuk membantu orang tersebut. Empati sangat penting untuk dikembangkan karena dapat membentuk nilai-nilai kemanusiaan dan merupakan akar dari moralitas. Lebih lanjut, indikator dari empati ada dua yaitu: empati kognitif yang terdiri dari perspektif pembicaraan dan simulasi secara langsung, dan empati afektif terdiri dari penularan emosi, responsivitas disekeliling, dan responsivitas yang mewakili. Adapun upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan empati yaitu dengan melakukan pelatihan empati dan melakukan terapi melalui proses konseling.
HUBUNGAN ANTARA POLA ASUH OTORITER DENGAN SIKAP EGOIS PADA SISWA KELAS VIII DI SMPN 13 MATARAM Wiwiek Zainar Sri Utami
Realita : Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol 3, No 1 (2018): Volume 3 Nomor 1 Edisi April 2018
Publisher : Universitas Pendidikan Mandalika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33394/realita.v3i1.2116

Abstract

Setiap orang tua selalu menginginkan yang terbaik untuk anaknya, orang tua mendidik anak atas dasar kasih sayang, tapi kebanyakan orang tua hanya mementingkan kemauan diri sendiri saja, dan mengabaikan kemauan anaknya tanpa mengetahui karakter anak. Hal seperti ini akan berdampak negatif bagi perkembangan anak. Seperti pola asuh otoriter yang diterapkan oleh orang tua, yang dimana setiap keinginan orang tua harus dipenuhi oleh anak, dan apabila anak melanggar atau melawan orang tua tidak segan-segan untuk menghukum anak dengan cara memukul, sehingga anak akan terluka secara fisik dan psikisnya.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara pola asuh otoriter dengan sikap egois pada siswa kelas VIII SMP Negeri 13 Mataram Tahun Pelajaran 2017/2018. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VIII SMPN 13 Mataram yang berjumlah 134 siswa. sampel dalam penelitian ini yaitu sebagian dari seluruh jumlah siswa kelas VIII yaitu 33 siswa, dengan sampel 33 siswa. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis statistik product momentBerdasarkan hasil analisis data pada penelitian ini, diketahui nilai  sebesar 0,347. Selanjutnya, nilai tersebut di konsultasikan dengan nilai product moment pada taraf signifikansi 5% dengan N=33, maka di peroleh nilai product moment sebesar 0,344. Kenyataan tersebut, menunjukkan bahwa nilai  lebih besar dari nilai product moment atau 0,347>0,344. Dengan demikian, hasil analisis data dalam penelitian ini dinyatakan signifikan. Dan dengan demikian, hipotesis nihil ( ) ditolak, sedangkan hipotesis alternatif ( ) diterima. Berdasarkan hasil pengujian signifikasi di atas maka kesimpulan yang diperoleh dalam penelitian ini adalah “Ada Hubungan Antara Pola Asuh Otoriter Dengan Sikap Egois Siswa Di SMP Negeri 13 Mataram Tahun Pelajaran 2017/2018”, yang tergolong dalam kategori rendah.
HUBUNGAN KEPALA SEKOLAH SEBAGAI ADMINISTRATOR DENGAN KINERJA STAF TU DI MTs SE-KECAMATAN PRAYA TIMUR Menik Aryani; Baiq Rohiyatun; Fathul Azmi
Realita : Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol 3, No 1 (2018): Volume 3 Nomor 1 Edisi April 2018
Publisher : Universitas Pendidikan Mandalika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33394/realita.v3i1.2106

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah masih banyak kepala sekolah/madrasah yang belum mampu menjalankan tugas-tugasnya sebagai administrator pendidikan, seperti membuat perencanaan sekolah, menyusun organisasi sekolah, bertindak sebagai koordinator dan pengarah, dan melaksanakan pengelolaan kepegawaian. Begitupun dengan staf ketatausahan sekolah/madrasah yang belum bisa bekerja secara maksimal pada bidang yang telah ditugaskan oleh kepala sekolah karena kurangnya pasilitas kerja, kurangnyadukungan dari atasan maupunrekan kerja, sehingga upaya meningkatkan mutu pendidikan masih jauh dari harapan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah Ada Hubungan Kepala Sekolah sebagai Administrator dengan Kinerja Staf TU di MTs se-Kecamatan Praya Timur?. Sedangkan tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah Untuk Mengetahui Hubungan Kepala Sekolah sebagai Administrator dengan Kinerja Staf TU di MTs se-Kecamatan Praya Timur. Penelitian ini menggunakan penelitian populasi dengan jumlah 39 sampel penelitian. Metode yang digunakan untuk mengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan metode angket dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis statistik dengan rumus "product moment". Berdasakan hasil analisis dalam penelitian ini, diperoleh nilai rhitung sebesar 0,505 selanjutnya nilai tersebut dikonsultasikan dengan nilai rtabel"product moment" pada taraf signifikan 5% dengan N=39 diperoleh nilai sebesar 0,316 kenyataan tersebut menyatakan bahwa nilai rhitung lebih besar dari nilai rtabel (0,505 > 0,316) maka hasil penelitian ini dinyatakan signifikan, dengan demikan dapat disimpulkan bahwa Ada Hubungan Kepala Sekolah Sebagai Administrator Dengan Kinerja Staf TU di MTs se-Kecamatan Praya Timur.
ANALISIS PENGEMBANGAN KURIKULUM MODEL BEAUCHAMP DI MADRASAH IBTIDAIYAH NURUL ISLAM Abdurrahman Abdurrahman; Farida Herna Astuti
Realita : Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol 3, No 1 (2018): Volume 3 Nomor 1 Edisi April 2018
Publisher : Universitas Pendidikan Mandalika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33394/realita.v3i1.2112

Abstract

Pengembangan kurikulum mempunyai makna yaitu penyusunan kurikulum yang sama sekali baru atau bisa juga menyempurnakan kurikulum yang telah ada. Untuk memudahkan pengembangan kurikulum diperlukan sebuah rancangan yang dapat membantu dalam prosesnya. Dan model memberikan manfaat sebagai pedoman untuk melakukan kegitan. Penelitian ini bertujuan untuk melihat sejauh mana Madrasah Ibtidaiyah Nurul Islam Sekarbela menerapkan langkah-langkah pengembangan kurikulum model Beuchamp. Sehingga bisa dikatan bahwa dalam pengembangan kurikulum di madrasah juga merujuk kepada kaidah-kaidah yang di rumuskan oleh ahli kurikulum. Fokus penelitian ini adalah melihat sejauh mana model pengembangan kurikulum beucamp digunakan di madrasah ibtidaiyah Nurul Islam Sekarbela Jl. Swasembada IX, Karang Pule Sekarbela ?. pendekatan dan metode  yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara tidak terstruktur dan teknik dokumentasi. Adapun hasil yang diperoleh adalah Madrasah menetapkan wilayah dalam pengembangan kurikulum, madrasah dalam perumusan kurikulum melibatkan seluas-luasnya warga sekolah seperti kepala Madrasah, guru sekolah secara keseluruhan dan komite sekolah, memiliki tim ahli dalam pengembangan kurikulum, guru dilibatkan dari awal dalam perumusan kurikulum, madrasah melakukan penilaain untuk mengetahui keberhasilan siswa.
PENGARUH KONSELING SOLUTION FOCUSED BRIEF THERAPY (SFBT) TERHADAP KONTROL DIRI SISWA KELAS VIII DI SMPN 6 TALIWANG KABUPATEN SUMBAWA BARAT Fero Sasri Julita; H. M. Syarafuddin; Ahmad Muzanni
Realita : Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol 3, No 1 (2018): Volume 3 Nomor 1 Edisi April 2018
Publisher : Universitas Pendidikan Mandalika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33394/realita.v3i1.2117

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui Pengaruh Solution Focused Brief Therapy (SFBT) Terhadap Kontrol Diri Dalam Berperilaku Seksual Siswa  Kelas VIII di SMPN 6 Taliwang KSB Tahun Pelajaran 2018/2019. Adapun jenis rancangan yang digunakan adalah eksperimen dan salah satu bentuk eksperimennya adalah eksperimental-semu atau quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 6 Taliwang KSB yang mengalami masalah dalam kontrol diri dalam berperilaku seksusal yaitu 61 orang siswa dan sampel yang digunakan adalah 9 orang siswa. Dalam penelitian ini, metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode angket sebagai metode pokok. Untuk menganalisis data mengguanakan rumus t-test. Hasil penelitian yaitu: nilai t hitung sebesar 5,438 dan nilai t tabel pada taraf signifikansi 5% dengan db (N-1) = 8 sebesar 2,306. Dengan demikian nilai t hitung lebih besar dari pada nilai t tabel (5,438>2,306), sehingga dapat disimpulkan “signifikan”. Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis Nol (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) di terima. Maka kesimpulan analisis dalam penelitian ini adalah Ada Pengaruh Konseling Solution Focused Brief Therapy (SFBT) Terhadap Kontrol Diri Siswa  Kelas VIII di SMPN 6 Taliwang KSB Tahun Pelajaran 2018/2019.

Page 1 of 2 | Total Record : 14